Inilah 3 Penggolongan Sumber Limbah Yang Paling Utama



Limbah sering dikatakan sebagai benda buangan yang dihasilkan oleh suatu proses produksi tertentu, baik itu hasil dari lingkungan industri, domestik atau rumah tangga, dan juga sumber lainnya. Beberapa sumber tersebut termasuk dalam kategori penggolongan sumber limbah yang saat ini hendak penulis jelaskan. Kehadiran limbah yang sudah diproduksi oleh beberapa sumber tersebut memang tidak diharapkan, hal ini berkaitan dengan nilai ekonomis yang tidak dimilikinya. bahkan dalam beberapa hal, limbah juga dapat dikategorikan sebagai benda yang berbahaya, seperti halnya limbah B3 yaitu Limbah Bahan Berbahaya dan juga Beracun.

Jenis limbah yang satu ini biasanya memiliki sifat yang cukup membahayakan, bahkan dengan jumlah serta konsentrasi yang sedikit pun mampu mempengaruhi keadaan di sekitarnya, baik secara langsung atau pun tidak. Beberapa jenis limbah yang dapat dikategorikan sebagai limbah B3 adalah bagian limbah yang setelah mengalami pengujian ternyata dapat menyebabkan beberapa dampak yang membahayakan. Seperti halnya limbah yang memiliki karakteristik mudah meledak, terbakar, beracun, reaktif, dapat menyebabkan infeksi, atau bahkan memiliki sifat korosif.

Untuk megetahui beberapa bentuk sumber limbah yang cukup membahayakan tersebut, maka cobalah untuk menyimak uraian penjelasan dari 3 sumber utama limbah di bagian bawah ini :

 

1. Limbah Pabrik

Jenis limbah yang dikeluarkan oleh pabrik biasanya termasuk dalam jenis limbah beracun. Hal ini berkaitan dengan kadar gas atau bahkan zat yang dikandung oleh limbah tersebut. Biasanya beberapa pabrik menggunakan sungai di lingkuangan sekitarnya sebagai tempat pembuangan limbah yang dihasilkan. Cara yang satu ini tentu saja, menjadi cara yang salah. Karena beberapa masyarakat masih banyak yang menggunakan sungai itu sebagai sumber kehidupannya sehari-hari. Seperti halnya menggunakan sungai sebagai tempat untuk MCK (mandi, cuci, dan kakus). Jika limbah berbahaya tersebut terus dialirkan pada sungai itu, maka jelas pendudik atau masyarakat sekitar yang menggunkan sungai itulah yang akan mendapatkan dampak bahayanya.

2. Limbah Rumah Tangga

Penggolongan sumber limbah rumah tangga merupakan bentuk limbah yang dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, seperti halnya sisa sayur, kemudian berbagai macam benda bekas, seperti kertas, dus, plastik dan juga benda lainnya. Beberapa bentuk benda tersebut juga termasuk dalam kategori yang membahayakan, karena beberapa bagian diantaranya mengandung zat kimia yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, bentuk kotoran dari wc atau bahkan saluran air yang terdapat dalam rumah tangga juga menjadi bentuk limbah yang selain membahayakan lingkungan, ia juga memiliki pengaruh untuk kesehatan masyarakat sekitar karena bentuk pencemaran yang dilakukan olehnya.

3. Limbah Industri

Hampir sama halnya dengan limbah pabrik, limbah industri juga bermula dari hasil produksi tertentu, baik itu dihasilkan oleh pabrik atau bahkan jenis pusahaan industri lainnya. Banyak sekali diantaranya jenis limbah yang dihasilkan oleh sumber yang satu ini. Seperti halnya limbah yang berbahaya dan mengandung zat dari asam anorganik, kemudian bentuk senyawa organik, atau bahkan berbagai macam bentuk zat dan juga senyawa lainnya yang kemudian dialirkan menuju bentuk perairan sekitar lokasi perindustrian tersebut. Selain melakukan pencemaran pada lingkungan sekitar, bentuk mahluk hidup yang terdapat di lingkungan itu pun akan ikut tercemar oleh adanya limbah berbahaya yang satu ini. Bahkan tidak jarang limbah berbahaya ini menggangu kesehatan manusia.

Dari beberapa bentuk penggolongan sumber limbah di atas, untuk menangani bentuk pencemaran seperti yang sudah dijelaskan tadi, Anda pun dapat menggunakan jasa dari http://sedotwc-duasepakat.com/, karena selain menyediakan layanan untuk limbah kamar mandi, jasa yang satu ini juga menyediakan layanan untuk pembuangan limbah berbahaya seperti halnya limbah yang bermula dari beberapa sumber di atas.